MEDAN, YONKO 469 KOPASGAT -Dengan penuh khidmat, sebanyak 1 SST Prajurit Yonko 469 Kopasgat mengikuti  Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Provinsi Sumatera Utara TA. 2023 bertempat di Lapangan Astaka Pancing Jl. William Iskandar Medan,. Kamis (01/06/2023).

Pada upacara kali ini Komandan Batalyon Komando 469 Kopasgat Letkol Pas Ronni Cahyo Setiawan, S.E., M.M. bertindak sebagai Komandan Upacara.

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia (RI) Bapak Ir. H. Joko Widodo yang dibacakan Gubernur Sumatera Utara Letjen (Purn) H. Edy Rahmayadi selaku Inspektur Upacara, Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai - nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

“Tahun depan kita juga akan menghadapi  pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila”. Jelas Presiden RI.

Mengakhiri sambutannya, Presiden  RI mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. semoga melalui peringatan hari lahir pancasila tanggal 1 juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun - tahun yang akan datang.

/* */