BELITUNG-DENMATRA 1 KOPASGAT- Manuver Latihan Jalak Sakti dan Trisula Perkasa Tahun Anggaran 2023 berlangsung di Air Weapon Range (AWR) Buding Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoedin, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Senin (29/5/2023).

Latihan puncak dari Komando Operasi Udara 1 disebut dengan latihan Jalak Sakti sedangkan puncak Latihan Komando Pasukan Gerak Cepat disebut dengan Trisula Perkasa.

Latihan tersebut diikuti oleh 1.000 prajurit dengan berbagai macam Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) adapun Alutsista yang dikerahkan dalam latihan adalah, Hawk 109/209, F16, C-130

Hercules, NAS-332, Boeing 737, CN 295 dan Helikopter Colibri EC-120 serta PL Super Puma, Kendaraan P6 ATAV, ILSV, GFAC, Mortir, Rudal Chiron dan QW 3.

Latihan tersebut disaksikan oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI M Tonny Harjono, S. E.,

M. M., didampingi Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M. M., M. Sc. dan Dankopasgat Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko.

Detasemen Matra 1 Kopasgat berpartisipasi dalam Latihan tersebut yaitu Operasi Udara Khusus  diantaranya Pengendali Tempur, SAR Tempur dan Jump Master.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I dalam merencanakan, melaksanakan strategi operasi udara secara tepat guna keberhasilan dalam menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi serta mewujudkan kesiapsiagaan operasional, melatih interoperability dalam suatu komando satuan tugas dengan Kopasgat untuk medukung Operasi Perebutan dan Pengoperasian Pangkalan Udara (OP3U).





/* */