BELITUNG MAKO KOPASGAT- Manuver Latihan Matra Udara II Jalak Sakti dan Trisula Perkasa Tahun Anggaran 2023 berlangsung di Air Weapon Range (AWR) Buding Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoedin, Belitung, Provinsi Bangka Belitung pada Senin (29/5/2023).

Jalak sakti merupakan Latihan puncak dari Komando Operasi Udara 1 sedangkan Trisula Perkasa merupakan Latihan puncak Komando Pasukan Gerak Cepat. Sekitar 1.000 prajurit dilibatkan serta berbagai alutsista dua satuan dikerahkan dalam latihan tersebut diantaranya pesawat Hawk 109/209, F16, C-130 Hercules, NAS-332, Boeing 737, CN 295 dan helikopter Colibri EC-120 serta PL Super Puma, Kendaraan P6 ATAV,ILSV, G FAC, Mortir, Rudal Chiron dan QW 3.

Pangkoopsudnas Marsdya TNI M Tonny Harjono, S. E., M. M., didampingi Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M. M., M. Sc. dan Dankopasgat Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko hadir menyaksikan puncak latihan.

Tujuan dilaksanakannya Latihan tersebut adalah menguji doktrin yang sudah ditanamkan sekaligius melatih kesiapsiagaan opersional satuan. Doktrin yang dilatihkan mulai dari operasi udara dengan menggunakan pesawat tempur dengan menghancurkan obyek strategis lawan, dogflight sampai dengan operasi khusus yang dilaksanakan Kopasgat diantaranya raid penghancuran, SAR tempur dan pertahanan udara.


/* */