Pontianak (17/3). Bertempat di Markas Yonko 465 Paskhas, Lanud Supadio, Kab. Kubu Raya, Kalbar, Yonko 465 Paskhas menggelar Apel Kelengkapan Kendaraan seluruh prajurit yang dipimpin langsung oleh Danyonko 465 Paskhas Letkol Pas I Ketut Setia Budi. Rabu (16/3).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan personel yang bertujuan menegakkan disiplin dan tertib berlalu lintas seluruh prajurit Yonko 465 Paskhas. Dalam sidak ini Danyonko 465 Paskhas didampingi seluruh perwira dengan pelaksana anggota Pam dan Provost Yonko 465 Paskhas melaksanakan pemeriksaan data diri seperti KTA dan kelengkapan surat-surat dalam berkendara meliputi SIM dan STNK serta kelayakan kendaraan yang digunakan seperti lampu, rem, klakson, spion dan knalpot. Usai pemeriksaan Danyonko 465 Paskhas selanjutnya memberikan arahan bagi seluruh prajurit terkait displin dan tertib berlalu lintas.

Dalam arahannya Danyonko 465 Paskhas menyampaikan bahwa potensi kecelakaan dapat timbul bukan hanya dari kelalaian orang lain namun juga diri kita sendiri, untuk itu semua harus menyadari untuk saling menjaga dan mengantisipasi potensi timbulnya kecelakaan dengan displin dan tertib berlalu lintas antara lain dengan melengkapi surat-surat dalam berkendara serta kelengkapan kendaraan itu sendiri. Dengan lengkapnya surat-surat berkendara pikiran akan tenang dan secara psikologi dapat berkendara dengan baik, demikian juga dengan lengkapnya kelengkapan kendaraan yang digunakan dapat difungsikan dengan baik sehingga dapat mengantisipasi potensi terjadinya kecelakaan. Selain itu dampak negatif apabila tidak mematuhi peraturan berlalulintas akan sangat merugikan pelanggar itu sendiri baik dari segi waktu, pikiran, tenaga, dan administrasi.

Dalam pelaksanaan sidak bagi anggota yang masih ditemukan belum memiliki kelangkapan baik data diri maupun kelengkapan kendaraan diperintahkan untuk melengkapinya sehingga tidak menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan saat berkendara serta diberikan peringatan dan pembinaan guna menimbulkan efek jera sehingga tidak melakukan pelanggaran kembali.

Selain itu Danyonko 465 Paskhas juga menekankan kepada seluruh prajurit Yonko 465 Paskhas dalam berkendara untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada sehingga dapat menjadi pelopor dan contoh kepada masyarakat dalam disiplin dan tertib berlalu lintas. Dengan digelarnya sidak tersebut diharapkan dapat meningkatkan disiplin seluruh prajurit sehingga dapat menekan terjadinya pelanggaran sekecil apapun, sehingga dalam pelaksanaan tugas-tugas pokok Yonko 465 Paskhas dapat dilaksankan dengan baik secara profesional.

/* */