Natuna, (03/02/2024). Bertempat di Lapangan Sepak Bola Base Ops Lanud Raden Sadjad, telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Survival Dasar Lanud Raden Sadjad Tahun 2024 pada tanggal 2 Februari 2024. Bertindak sebagai Irup, Danlanud Raden Sadjad Kolonel Pnb Dedy Iskandar., S.Sos., M.M.S., M.Han.,

Latihan Survival Dasar ini ditujukan agar terwujud pemahaman teori dan praktek cara bertahan hidup dengan baik dan benar serta dapat membina kemampuan fisik dan mental awak pesawat agar mampu bertahan hidup sebelum datang pertolongan apabila mengalami keadaan darurat.

Latihan yang melibatkan sebanyak 50 peserta antara lain awak dan kru pesawat Skadron Udara 52, Anggota Lanud RSA, Satrad 212, BPBD Natuna, Satpol PP, Damkar dan Basarnas Natuna, serta sebagai Pelatih dan Pendukung dari Denhanud 477 Kopasgat. Latihan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 2 sampai dengan 3 Februari 2024 dengan sandi “Punai Sakti-24”, dan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Air Terjun Gunung Hiu untuk lokasi survival Hutan dan Pantai Tanjung untuk lokasi survival air.

Para pelatih dari Denhanud 477 Kopasgat mengajarkan berbagai materi kepada peserta survival untuk untuk bertahan hidup apabila mengalami keadaan darurat baik di darat atau perairan, seperti materi navigasi (kompas siang dan malam, baca peta serta GPS), HTF (How to Find the Fighter), Penggunaan LCR dan Sea Survival.

Dari latihan survival dasar ini diharapkan semua peserta latihan dapat mengambil ilmu dan pelajaran antara lain pentingnya memahami dan mempraktekkan kegiatan bertahan hidup atau survive ketika terjadi emergency dalam kegiatan penerbangan.

Latihan di tutup oleh Komandan Lanud Raden Sadjad di Pantai Tanjung, Kab Natuna dan dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kabupaten Natuna.

 

 

 


/* */