Dalam perhelatan Sail Tidore 2022 merupakan program pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia untuk mengenalkan pariwisata Indonesia ke mata dunia. 

Dalam kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh punggawa-punggawa prajurit terbaik TNI AU untuk memperkenalkan olehraga kedirgantaraan dalam pertunjukan Free Fall, Demo Paramotor/Paratrike, Flying Pass Pesawat Tempur TNI AU, Sabtu (26/11/2022).

Para peterjun terbaik Kopasgat khususnya 4 peterjun Detasemen Matra 2 Kopasgat yang dipimpin oleh Serma Sriyanto yang diterjunkan diketinggian 7000 ft AGL dengan menggunakan pesawat CN-235 dari Skadron udara 27 Lanud Manuhua Biak yang diterbangkan dari Lanud Sultan Babullah Ternate dengan Dropzone di pantai Tugulufa, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Acara Pembukaan Sail Tidore 2022 ini dihadiri oleh Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba dan para tamu undangan baik TNI maupun Polri. Acara ini sendiri dapat berjalan dengan aman dan lancar.