BANDUNG. MAKO KOPASGAT. Senin, (04/12/2023). - Komandan Kopasgat Marsekal Muda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko menggelar pertandingan Pencak Silat Bebas dan Mixed Martial Arts (MMA) berkerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung serta bapak Edwin Senjaya, S.E., M.M. selaku Ketua Umum Bandung Fighting Club (BFC), beliau saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Bandung. Pertandingan ini dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat TNI AU) bertempat di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, pada tanggal 02 sampai dengan 03 Desember 2023.

Pertadingan yang digelar selama dua hari ini diikuti kurang lebih 196 petarung Pencak silat dan MMA dari berbagai club dengan tema "Doyan Berantem Asal Legal." Acara pertandingan dibuka oleh MC Opening dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Semangat Olahraga Patriot Indonesia dan dilanjutkan dengan demo pencak silat.

Pada kesempatan tersebut Ketua Umum Bandung Fighting Club bapak Edwin Senjaya, S.E. MM. dalam sambutannya mengatakan, “Khusus di tahun ini, pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Kopasgat TNI AU. Kami ingin memberikan wadah kepada para pesilat dan petarung di Jawa Barat agar mereka bisa menyalurkan hobi dan skill mereka sekaligus meraih prestasi terbaik. Sebab, menurut saya acara seperti ini tidak banyak diselenggarakan. Kalaupun ada, sifatnya "conditional". Sehingga untuk menambah jam terbang, saya rasa acara seperti ini perlu diadakan dan dilaksanakan di daerah", ujar bapak Edwin.

Pada kesempatan yang sama, Dankopasgat yang diwakili oleh Inspektur Kopasgat Marsekal Pertama TNI Tri Bowo SC., S.Sos., M.M. dalam sambutan menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke-76 Kopasgat. Saya berharap pada malam ini kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Kami juga telah menyiapkan piala khusus bagi fighter terbaik. Maka dari itu, saya mengucapkan selamat berjuang untuk para atlet semuanya. Tetap jaga dan junjung tinggi sportivitas serta kejujuran." tambah Inspektur Kopasgat.

Pj. Wali Kota Bandung Bapak Bambang Tirtoyuliono juga menyampaikan, “Acara ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan secara kolaboratif. Tahun ini berkolaborasi dengan Pemkot Bandung dan Kopasgat TNI AU. Pemkot Bandung akan terus membina para atlet yang ada, agar bisa bersaing di tingkat Kota Bandung, Jawa Barat, nasional, bahkan sampai internasional. Pertandingan ini merupakan sarana untuk melatih kerja keras, sportivitas, dan semangat agar bisa melakukan hal yang terbaik", ungkap bapak Bambang.

Kapten Sus Eko Purwanto dari Mako Kopasgat selaku pelatih olah raga bela diri Mixed Martial Arts (MMA) di Mako Kopasgat dan juga selaku panitia dalam penyelenggaraan pertandingan ini menyampaikan, "Saya mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya pertandingan Silat bebas dan MMA memperebutkan Piala Dankopasgat ini dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan. Dan yang terpenting pertandingan ini berlangsung lancar, aman dan sukses. Saya berharap semoga kedepannya akan ada pertandingan seperti ini dan tentunya bisa lebih baik lagi", pungkasnya.

Pada pertandingan ini prajurit Kopasgat atas nama Serda Rachmad Rizal Ghozali dari Satbravo 90 yang turun di amatir striking Silat bebas kelas -65 kg, memaksa lawan menyerah dan dinyatakan menang TKO ronde pertama, sekaligus mendapat Piala Dankopasgat, sebagai The Best Fighter yang diwakilkan oleh Kapten Sus Eko Purwanto diserahkan langsung oleh Irkopasgat Marsma TNI Tribowo SC., S.Sos., M.M. mewakili Dankopasgat.

Perlu diketahui bela diri MMA ini merupakan olah raga bela diri praktis yang pada dasarnya terdiri dari teknik pertarungan atas/berdiri (standing fighting), teknik membanting (take down) dan teknik bawah atau (ground fighting). Semua ini adalah teknik yang digunakan dalam segala kondisi, yang bertujuan untuk mengatasi lawan secepat mungkin. Penkopasgat.







/* */