Jakarta (29/4/2024). Prajurit Batalyon Komando 467 Kopasgat atau dikenal dengan istilah Prajurit Spartan Hardha Dedali menggelar Tradisi penerimaan anggota baru yang telah selesai melaksanakan pendidikan Komando. Sebanyak 140 Prajurit Remaja Bintara dan Tamtama Batalyon Komando 467 Kopasgat mengikuti Orientasi Tradisi masuk satuan yang dilaksanakan di Seputaran Lanud Halim Perdana Kusuma, Jum’at (27/4/2024).

Dalam tradisi kali ini, pada saat Istirahat Malam, para prajurit didadak dengan suara ledakan TNT dan suara Desingan Peluru. Selanjutnya para Prajurit melaksanakan berbagai materi di antaranya Hanmars menggunakan beban ransel dan senjata, Patroli, dan Operasi Perebutan Cepat (Opsbutpat) dengan sasaran Yonko 467 Kopasgat. Setelah rangkaian kegiatan selesai, seluruh Prajurit Baru melaksanakan penghormatan pada saat memasuki Gapura Batalyon kemudian dilanjutkan dengan Upacara Penerimaan Prajurit Baru oleh Danyonko 467 Kopasgat Letkol Pas Binsar Setiadi Purba S.H., Tradisi penciuman tunggul bendera perang dan penyiraman bunga serta diakhiri Refreshment.

Danyonko 467 Kopasgat Letkol Pas Binsar Setiadi Purba, S.H. mengatakan, kegiatan tradisi satuan kepada Bintara dan Tamtama remaja baru ini merupakan suatu hal mutlak yang dilaksanakan di kalangan militer.

“Tradisi yang telah mengakar di satuan ini bertujuan untuk memupuk rasa kebanggaan prajurit terhadap satuan, mengenal daerah latihan, membentuk mental prajurit yang tangguh, kuat dan memiliki rasa jiwa korsa serta loyalitas tanpa batas. Sehingga Prajurit baru yang disiapkan untuk mendukung kegiatan latihan dan operasi di Jakarta dan juga siap menghadapi tugas Pamtas RI di Papua pada tahun depan.

“Dengan adanya tradisi penerimaan diharapkan menjadi pengalaman berharga bagi anggota baru, sehingga dapat menumbuhkan kebanggaan, rasa memiliki, dan tanggung jawab terhadap satuan.” pungkasnya.


/* */