BANDUNG,MAKO KOPAASGAT- Komandan Kopasgat Marsekal Muda TNI Yudi Bustami, S. Sos., bertindak selaku Inspektur pada Upacara 17-an bulan Maret  2024, yang berlangsung di Lapangan Jingga  Mako Kopasgat, Lanud Sulaiman, Margahayu. Bandung, (18/03/2024).

Dalam sambutan tertulisnya Dankopasgat  menyampaikan, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan tentang pelaksanaan program kerja TNI AU pada Tahun 2024 Triwulan pertama yang saat ini sedang berjalan. Saya harapkan  dapat dilaksanakan dengan baik, karena keberhasilan tersebut merupakan hasil kerjasama yang baik sekaligus kebanggaan seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil. Untuk itu saya selaku Komandan Kopasgat, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras yang telah diberikan selama ini. 

Mencermati perkembangan situasi dalam negeri, saat ini kita masih dihadapkan dengan berbagai ancaman diantaranya separatisme, terorisme, radikalisme, bencana alam dan konflik soisal lainnya. Kondisi tersebut ditambah dengan makin meningkatnya suhu politik di negeri kita sebagai efek dari diselenggarakannya Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif. Keadaan ini akan rentan terhadap berbagai potensi terjadinya gangguan keamanan dan konflik komunal karena munculnya berita-berita “Hoax” di media sosial.

Situasi ini dapat menimbulkan berbagai kemungkinan yang amat dinamis, sarat perubahan dan terkadang sulit untuk diprediksi. Untuk itu, kita dituntut terus meningkatkan kewaspadaan agar tidak mudah terpengaruh atau terpancing oleh isu-isu dari berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya tekankan kembali bahwa netralitas TNI adalah harga mati yang harus senantiasa kita junjung tinggi. kita harus ingat bahwa prajurit tidak boleh menjadi alat suatu golongan atau perorangan, sehingga saya minta para anggota sekalian untuk tidak pernah sekali-kali terlibat kegiatan politik praktis apapun bentuknya.

Kita harus tetap berpegang teguh pada karakter dan jati diri TNI dan PNS TNI, yaitu prinsip yang dilandasi dengan jiwa sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI dan panca prasetya Korpri, agar kita mampu berpijak pada posisi yang benar dan tidak terpengaruh oleh berbagai kepentingan.

Hadir pada acara tersebut, Wadan Kopasgat Marsekal Pertama TNI Deny Muis, S.E., M.M , Inspektur Kopasgat Marsekal Pertama TNI Elia Adriyanto, para Asisten Kopasgat, Danwingdik 800/Pasgat, para Komandan Satuan Jajaran Lanud Sulaiman serta Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil di wilayah Insub Lanud Sulaiman. penkopasgat

/* */