Sebanyak 7 orang dari 14 perwira remaja Korps Pasukan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2012 telah selesai mengikuti latihan kematraan yang berlangsung dari tanggal 16 April s/d 29 Mei 2013 di Batalyon 464 Paskhas, Malang.

Dalam latihan kematraan, para Perwira tersebut mendapatkan berbagai disiplin ilmu tentang kematraan diantaranya Pengendalian Tempur (Dalpur), pengendalian pangakalan (Dallan), SAR (Search and Rescue), Jump Master, Meteorologi, PLLU (Pengatur Lalu Lintas Udara) , Intel Tempur dan pengetahuan militer lainnya yang berkaitan dengan kematraan udara dan diakhiri dengan latihan berganda selama tiga hari yang mengambil wilayah di sekitar Komplek Lanud Abd. Saleh, wilayah Kecamatan Singosari dan Kecamatan Pakis Kabupaten malang.

Rabu (29/5), Komandan Batalyon 464 Paskhas secara resmi menutup latihan tersebut bertempat di lapangan apel Batalyon 464 Paskhas dengan upacara militer dan dihadiri para pejabat Wing 2 Paskhas. Dalam amanatnya, Danyon 464 Paskhas menjelaskan, bahwa latihan berganda yang dilaksanakan tersebut menjadi tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran yang dilaksanakan selama lima minggu sebelumnya.

Letkol Psk Joko Prasetyo juga berpesan kepada para pelaku agar senantiasa secara tepat mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat selama latihan sebagai bekal di kesatuan nantinya dan menekankan agar secara terus menerus mengasah diri untuk membekali kemampuannya guna mengadapi tugas-tugas mendatang.

Selain itu juga dalam penekanannya, sudah menjadi tuntutan mutlak dalam latihan ini maupun untuk tugas-tugas para perwira mendatang tentang keharusan untuk menguasai ilmu-ilmu kematraan udara sebagai Pasukan Khas TNI Angkatan Udara terlebih sebagai pasukan khusus matra udara yang memiliki salah satu tugas pokok pengendalian dan pengoperasian sebuah pangkalan udara.

Dalam kesempatan yang sama sekaligus dilaksanakan penutupan tradisi satuan yang diikuti oleh lima anggota baru dengan status anggota aktif mutasi dari satuan lain.
/* */