Jakarta - Komandan Kopasgat Marsekal Muda TNI Eris Widodo Y., S.E., M.Tr (Han) beserta Ketua PIA AG. Gabungan IV Kopasgat ibu Ekowati Eris Widodo menghadiri upacara Likuidasi Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas)yang dilaksankan di lapangan Makoopsudnas, Jakarta. Jumat, (28/1/2022).

Pada upacara tersebut, dilaksanakan pula pelantikan jabatan Pangkoopsudnas serta Alih Kodal Koopsud I, II, III dan Kopasgat yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E , M.P.P

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Pangkoopsudnas, para Pangkoopsau dan Komandan Kopasgat mendapatkan jabatan satuan-satuan baru TNI sesuai yang diamanatkan dalam Perpres RI No. 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Sebelumnya pada pada hari Rabu tanggal 26 -01-2022 telah dilaksanakan Alih Kodal Kohanudnas oleh Panglima TNI ke Kasau sehingga sebelumnya berada di jajaran Mabes TNI dialihkan menjadi jajaran di bawah Mabesau dan berubah nama menjadi Koopnudnas.

Dalam amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P, menjelaskan bahwa “Peresmian Komando Operasi Udara Nasional atau Koopsudnas, untuk semakin memperkokoh pertahanan negara di Udara. Selaras dengan kebijakan umum pertahanan negara tahun 2022-2024, pembangunan postur TNI, khususnya TNI AU diarahkan untuk memiliki daya tangkal strategis dan mobilitas tinggi, guna menjaga kedaulatan negara serta melindungi kepentingan nasional Indonesia” ujar Kasau didepan peserta upacara.

Dalam upacara tersebut, Kasau sekaligus melantik Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) yang pertama, Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P., yang dihadiri juga oleh para pendahulu Kasau, Marsekal (Purn) Herman Prayitno, Marsekal (Purn) Imam Sufaat, Marsekal (Purn) I.B. Putu Dunia, Wakasau Marsdya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si (Han), Kepala BNPP, Sekjen Kemhan RI, Dan Sesko TNI, Wagub Lemhanas, Pangdam Jaya, Wakapolda Metro Jaya, Kas Koarmada I, Wadankor Brimob serta Para pejabat utama TNI Angkatan Udara, Dankodiklatau, Koorsahli Kasau, Para Asisten Kasau, Pangkoopsud I, II dan III serta Danlanud Halim Perdanakusuma.