BANDUNG, MAKO KOPASGAT- Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Menyambut Hari Lahir Pancasila ini, seluruh lembaga dan instansi pemerintah menggelar upacara secara serentak, salah satunya di Mako Kopasgat.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Mako Kopasgat ini dipimpin langsung oleh Asren Kopasgat Kolonel Pas Dili Setiawan M.Si(Han)., yang dilaksanakan di Lapangan Jingga, Mako Kopasgat, Margahayu, Bandung. Kamis, (01/06/2023).

Upacara ini diikuti oleh seluruh prajurit Kopasgat yang meliputi Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Mako Kopasgat.

Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asren Kopasgat menyampaikan bahwa, peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

“Sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika”, tegas Panglima TNI.

“Tema peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap bangsa Indonesia yakni, "Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global". Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa. Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong-royong dan bersatu padu", tambah Panglima TNI.

Hadir pada upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut para Pejabat Mako Kopasgat. penkopasgat.




/* */